Trend Is Friend

“Trend is Friend” , peribahasa yang wajib diketahui oleh semua trader forex. Selain metode umum yaitu mengambil profit dengan ikut trend (trend trading), Anda juga bisa menggunakan trend sebagai signal untuk memasuki market!

Langkah pertama untuk trading trend signal adalah, menentukan garis trend dengan prinsip Support dan Resistance. Support & Resistance tidak hanya sebatas garis/area horizontal, namun juga bisa berbentuk diagonal seperti di bawah ini.

Trend Bearish = min. 3 puncak resistance yang masing-masing lebih rendah dari puncak sebelumnya.

Trend Bullish = min. 3 pucak support yang masing-masing lebih tinggi dari puncak sebelumnya.

image

Patokan open posisi untuk jenis trading ini adalah menunggu trend reversal. Tidak ada trend yang bertahan selamanya dan di sinilah strategi klasik Support & Resistance berperan: breakout.

Setelah terjadi breakout, besar kemungkinan bahwa trend akan segera berbalik arah. Kesempatan emas untuk mengambil profit dengan open posisi!

image

Contoh chart breakout trend:

image

Support & Resistance terbukti tidak hanya sekadar garis penanda saja, namun juga bisa menjadi alat patokan timing trading yang multifungsi! Pada awalnya, mungkin banyak trader yang kesulitan untuk menggambar Support & Resistance, namun jika sering latihan dan sudah terbiasa, Support & Resistance ini bisa menjadi alat bantu trading yang cukup jitu!

Catatan: Perhatikan bahwa analisa di atas hanya berupa penjelasan dan kami tidak bertanggung jawab atas trading Anda yang dilakukan atas dasar analisa ini! Keputusan terakhir dalam melakukan transaksi adalah tanggung jawab Anda!

(Ube)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s