Indikator Relative Strangth Index (RSI)

RSI atau Relative Strength Index adalah sebuah indikator yang digunakan untuk mengukur kejenuhan pasar. RSI memiliki skala dari 0-100. Menurut pembuatnya, pasar dikatakan jenuh beli (overbought) jika RSI nya bernilai diatas 70 dan jenuh jual jika bernilai di bawah 30.

Pada kondisi overbought atau oversold, market berpotensi untuk balik arah. Sehingga fungsi RSI bisa dikatakan juga sebagai signal untuk pembalikan arah market.

Penggunaan RSI tidak bisa berdiri sendiri tetapi menggunakan tools lain yang bisa befungsi sebagai pemberi signal, misalnya candlestick.

Ketika kita trading menggunakan RSI, entry pointnya adalah:

– Buy ketika market oversold dan muncul candle jenis reversal seperti hammer, inverted hammer atau candle piercing.

– Sell ketika market overbought disertai munculnya candle jenis reversal seperti Shooting star, hanging man dan lainnya.

image

Perlu diperhatikan bahwa jika kita menggunakan RSI sebagai penentu kondisi untuk balik arah, gunakan hanya ketika market sedang sideways.

Selain dua entry point di atas, RSI juga bisa berdiri sendiri sebagai signal untuk membuka posisi yaitu hanya jika terjadi konvergen atau divergen. Seperti ini:

image

Ada juga trader yang berpendapat bahwa ketika garis RSI melewati level 50, maka trend akan berlanjut. Namun hal ini perlu dibuktikan. Silahkan anda mencoba mengecek kebenarannya!

Catatan: Perhatikan bahwa analisa di atas hanya berupa penjelasan dan kami tidak bertanggung jawab atas trading Anda yang dilakukan atas dasar analisa ini! Keputusan terakhir dalam melakukan transaksi adalah tanggung jawab Anda!

(Ube)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s